Digital Printing

Mengenal Lebih Dekat Dengan Digital Printing

Digital Printing, adalah Metode Pencetakan Gambar berbasis Digital, yang biasanya dalam bentuk File, kemudian dapat dicetak langsung pada berbagai Media dengan cara Instan dan Cepat. Digital Printing adalah Hasil Inovasi Pengembangan dari Metode Pencetakan konvensional, yang muncul seiring dengan Kemajuan Teknologi Dunia yang telah memasuki Era Digital.

Umumnya Digital Printing memiliki biaya produksi per unit yang lebih tinggi daripada Metode Cetak yang lebih konvensional seperti Cetak Offset, Sablon / Sablon. Namun, Teknik Pencetakan Digital ini memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh Metode Cetak Offset dan Sablon, yang tidak memerlukan Proses Pra-Cetak seperti Pembuatan Film, Piring Cetak (Offset), Layar Afdruk (Sablon). Karena proses melalui Digital Printing lebih kompak, menjadikan Digital Printing lebih banyak digunakan untuk Small Scale Printing, mencetak dengan waktu yang sangat cepat dan instan.

Alur Proses Kerja antara Pencetakan Offset, Sablon (Sablon), Digital Printing

Pencetakan Offset: File Gambar> Film / CTP (Komputer ke Plat) / Plat Mesin> Media
Sablon: File Gambar> Film / Jejak> Layar Media
Digital Printing: File Gambar > Mesin > Media
Adapun kelebihan dan kekurangan dari digital printing.

Keuntungan dari digital printing:
1. Waktu Produksi Jauh Lebih Cepat
2. Dapat Mencetak / Mencetak nomor sesuai keinginan (Print On Demand), tanpa harus memiliki Minimum Order, bahkan untuk mencetak dalam satuan.
3. Proses Produksi Mencetak lebih Kompak, dan Cetak / Cetak dapat langsung dilihat. Lebih sedikit tenaga kerja karena lebih sedikit proses produksi.
4.Proses kerjanya tidak rumit, sehingga mudah dilakukan meskipun pemula di Bisnis Digital Printing.
5. Lebih sedikit tenaga kerja karena lebih sedikit proses produksi. Proses kerjanya tidak rumit, sehingga mudah dilakukan meskipun pemula di Bisnis Digital Printing.

 

 

Kekurangan Digital Printing :

  1. Di Unit Hitung Biaya Produksi lebih tinggi daripada Cetak Offset / Sablon.
  2. Alur kerja yang cukup mudah, ringkas dan sederhana membuat banyak pelaku bisnis yang melirik Digital Printing Business sehingga menimbulkan persaingan yang cukup tinggi di bidang ini.

Jenis Digital Printing berdasarkan mesin yang ada:

Digital Printing Format Besar, menggunakan Mesin Pencetak yang memiliki Ukuran Besar, untuk Mencetak / Mencetak Spanduk, Spanduk, Spanduk Panji, Papan Reklame, Papan Reklame, Kotak Neon, Stiker Vinyl, Stiker Satu Arah, Kanvas, Kain, dll.

Digital Offset Printing, adalah Mesin Printer Digital yang dapat mencetak / mencetak Kertas HVS, Kertas Seni, Kertas Matte, Fancy, Duplex, Gading, dll. Adalah solusi terbaik untuk mencetak jumlah unit / beberapa yang tidak dapat dijangkau oleh Cetak Digital OffsetScreen / Sablon untuk Mesin Cetak T-Shirt, adalah Mesin Sablon Digital Shirt yang dapat langsung mencetak pada T-Shirt dan hasilnya lebih baik daripada Sablon Konvensional
Mug / Cetak Keramik, Mesin Cetak untuk Mug, Keramik, yang menghasilkan Gambar Cetakan pada Mug dan Media Keramik.
dan ada banyak lagi jenis pencetakan digital yang tersedia, yang akan terus menumbuhkan Variasi dan penggunaan seiring dengan perkembangan dunia Digital Printing.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *